Kamis, 19 November 2020

Tafsir Surat Al Mulk Ayat Kedua

 ٱلَّذِي خَلَقَ ٱلۡمَوۡتَ وَٱلۡحَيَوٰةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ أَيُّكُمۡ أَحۡسَنُ عَمَلٗاۚ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡغَفُورُ(2

Alladzi khalaqal mauta wal hayaata liyabluwakum ayyukum ahsanu ‘amalaa. Wahuwal ‘aziizul ghafuur.

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalannya. Dan dia maha perkasa lagi maha pengampun.

Yang menguasai kehidupan dan kematian. Apa yang tumbuh dan mati di bawah kekuasaanNya agar orang sadar dan berlomba-lomba melakukan amal sholehah. Orang yang teringat kematian dengan benar pasti memperbaiki segenap amal perbuatan sholehahnya. 

Seseorang agar terhindar atau menghindarkan orang lain dari kematian pastilah berbuat kebaikan. Untuk survival, diantaranya memberikan makan, tempat berteduh, memberikan obat dan  nasehat untuk kesehatan dan kebaikan hidup. Dengan menyadari kematian, orang akan buru-buru melakukan banyak kebaikan. Dengan kematian orang akan menyadari kesalahan dan dosanya, sehingga bertobat. Dan allah maha menerima taubat. Tidak berkurang kekuasaan dan keagunanNya karena memberikan pengampunan kepada hambaNya yang bertobat.

Kenapa menyebutkan mati dulu sebelum hidup? Karena awalnya manusia hanyalah berupa sel sperma yang belum ditiupkan ruhNya sebagai penanda kehidupan. Proses penciptaan sperma hingga pengkodean DNA di dalamnya yang berisi berbagai informasi manusia terdahulunya. Sperma adalah maha ciptaan yang sangat menakjubkan. Seperti flashdisk atau hardisk alami yang manusia tidak berkehendak dan mampu menciptakannya dalam buah zakarnya. Dan bagaimana sperma berjuang mencapai sel telur di rahim calon ibu dengan berbagai hambatan yang mustahil bisa diterjang apabila tanpa campur tangannyaNya. Manusia harusnya dapat petunjuk dari hal ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tafsir Surat Al Mulk Ayat ketiga

  ٱلَّذِي خَلَقَ سَبۡعَ سَمَٰوَٰتٖ طِبَاقٗاۖ مَّا تَرَىٰ فِي خَلۡقِ ٱلرَّحۡمَٰنِ مِن تَفَٰوُتٖۖ فَٱرۡجِعِ ٱلۡبَصَرَ هَلۡ تَرَىٰ مِن فُطُورٖ(...